Sunday 4 December 2011

Panduan Penggunaan Piranti Lunak Pemupukan Padi Sawah Spesifik Lokasi PuPS ver 1.1

Piranti lunak Pemupukan padi sawah spesifik lokasi PuPS ver 1.1 merupakan piranti lunak yang digunakan untuk membantu dalam menentukan rekomendasi takaran pupuk padi sawah di setiap lokasi. Piranti lunak PuPS 1.10 dapat menentukan rekomendasi takaran dan waktu aplikasi pupuk N, P, K untuk setiap persil lahan sawah petani. Rekomendasi pemupukan yang  dihasilkan tersebut  sudah mempertimbangkan masukan hara dalam bentuk bahan organik, anorganik  atau dari sumber lain
Piranti lunak PuPS  ini dikembangkan oleh tim peneliti dari International Rice Research Institute (IRRI) bersama dengan Tim Teknis Kelompok Kerja Pemupukan Tanaman Pangan, Badan Penelitian dan Pengembangan  Pertanian (Ballitbang) Kementerian Pertanian RI. Data diperoleh dari hasil-hasil penelitian pemupukan padi sawah yang saat ini sudah disebarluaskan dan sejalan dengan prinsip – prinsip Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) yang selama dikembangkan.
Penggunaan piranti lunak PuPS ini membantu para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) bersama petani dalam menetapkan takaran dan waktu pemupukan padi di lahan sawah pada musim tanam yang akan dihadapi sesuai dengan kebutuhan hara dan pertumbuhan tanaman. Ketepatan saran rekomendasi pemupukan dengan piranti lunak ini sangat bergantung pada ketepatan informasi data yang dimasukan yang  diperoleh dari petani.
Langkah-Langkah Mengoperasikan Progam PuPS versi 1.1
Sebelum menjalankan program untuk menghitung takaran pemupukan padi sawah spesifik lokasi dengan piranti lunak PuPS ver 1.1 ini, anda harus menyediakan komputer PC / laptop dengan sistem operasi Windows.  PuPS ver 1.1   dioperasikan  dengan program Microsoft Office Access 2003 Runtime, sebaiknya install terlebih pada komputer anda.  Tanpa Microsoft  Office Access 2003 Runtime, piranti lunak ini tidak dapat dioperasikan.
Download file piranti lunak PuPS ver 1.1 secara lengkap disini.  File berbentuk win rar berisi Petunjuk penggunaan, Daftar pertanyaan dan  piranti lunak PuPS  ver 1.1 serta Microsoft Offices Access 2003 Runtime.
Ekstrak file win rar anda tadi, klik “PuPS exe”, selanjutnya di layar monitor akan tampak seperti gambar di bawah ini .
Pilihan menu awal yang tampil pada monitor anda adalah “Buka”, “Install Access 2003 Runtime”, “Petunjuk Penggunaan”, “Daftar Pertanyaan” dan “Kembali”.
Menu “Buka” berarti mulai mengoperasikan piranti lunak PuPS ver 1.1 pada komputer anda. Menu “Install Access 2003 Runtime”, artinya untuk menginstall program Micorosof Access 2003 Runtime.  Menu “Petunjuk Penggunaan”, berisi petunjuk penggunaan piranti lunak PuPS ver 1.1.  Menu “Daftar pertanyaan”, berisi daftar  pertanyaan / kuisioner yang diminta oleh piranti lunak ini harus terisi, anda bisa mencetaknya untuk membantu anda mengumpulkan data dengan petani. Menu “Kembali”, artinya anda keluar dari PuPS.
Install terlebih program Microdoft Offices Access 2003 Runtime  dengan cara  Klik pada menu “Install Access 2003 Runtime” dan ikuti langkah-langkah SETUP yang ditampilkan.  Setelah proses SETUP selesai, lanjutkan klik  pada menu “Buka” untuk mulai mengoperasikan Progam “PuPS 1.1”.
Anda bisa juga bisa langsung  masuk pada menu “Buka” dengan cara Klik pada menu “Buka” jika komputer / laptop anda sudah tersedia program Microsoft Office Access 2003 Runtime.
Langkah selanjutnya adalah memasukkan data kuesioner yang diminta. Masukan data secara tepat sebab ketetapatan mengisi data yang diminta akan mempengaruhi ketepatan hasilnya nanti.  Klik “Kembali”, jika anda ingin melihat proses pengolahan data dari awal.
Input Data
Isi daftar pertanyaan, sebagian dengan cara meng “klik” bulatan. Jika ditemui isian berupa kotak yang berwarna abu-abu atau transparan, kotak-kotak tersebut tidak perlu diisi.
Klik “Lanjut” untuk proses selanjutnya. Jika ingin mengulang proses yang sudah berjalan tadi, anda bisa klik “Ulangi” atau klik “Kembali” untuk kembali ke proses awal.
Seluruh pertanyaan harus terisi dan jika tidak maka akan muncul petunjuk “Pastikan semua pertanyaan terisi”.  Program ini sudah mengantisipasi jika  data  yang  anda masukkan tidak lengkap.
Simpan Data dan Cetak
Simpan data dan cetak gunanya untuk mengecek kembali data yang akan dimasukkan dan memudahkan anda jika ingin mengumpulkan data kuesioner.  Untuk mencetak hasilnya dilakukan dengan dengan meng-klik “Cetak” yang berada di bagian bawah kanan. Sedangkan untuk mengulangi lagi dari awal, klik “Kembali”.
Hasil Proses (Keluaran Data)
Keluaran data penghitungan pemupukan padi sawah spesifik lokasi  dengan piranti lunak PuPS ver 1.10  adalah Rekomendasi pemupukan (per hektar), Rekomendasi pemupukan jika menggunakan Bagan Warna Daun (BWD) berdasarkan luas lahan dan Rekomendasi pemupukan berdasarkan jenis pupuk yang akan digunakan berdasarkan luas lahan.  Hasil proses  (keluaran data) berupa rekomendasi di atas bisa anda simpan atau dicetak.

No comments:

Post a Comment