Friday 13 January 2012

Wamentan: Ubah Mindset Baru Untuk Capai Surplus Beras 10 Juta Ton



Jakarta – Untuk mencapai surplus beras 10 juta ton pada tahun 2014, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Dr. Rusman Heriawan meminta agar seluruh jajaran Kementerian Pertanian merubah mindset-nya selama ini yaitu tidak hanya berkonsentrasi pada masalah peningkatan produksi saja tetapi juga dengan menurunkan konsumsi (diversifikasi). “Kalau kita hanya berusaha meningkatkan produksi, sementara konsumsi juga meningkat maka surplus beras 10 juta ton akan susah untuk dicapai. Selama ini roadmap kita jarang membahas tentang penurunan konsumsi,” jelas Wamentan saat melakukan penutupan acara Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2012 di Jakarta pada Kamis (12/1).
 
Menurut Wamentan, penurunan produksi pangan pada tahun 2011 hendaknya menjadi instrospeksi bagi seluruh jajaran Kementerian untuk meningkatkan kinerja pada tahun 2012 nanti. “Suka atau tidak suka, tahun 2011 produksi pangan kita memang menurun. Hal ini tentu menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi kita untuk memulai kinerja pada tahun 2012,” kata Wamentan.
 
Untuk itu, direncanakan akan ada review kembali roadmap surplus beras 10 juta ton pada 2014. “Target itu kemungkinan menjadi harga mati, tetapi pencapaian surplus itu adalah satu mindset baru agar tidak hanya fokus pada peningkatan produksi, untuk itu pada roadmap beras nanti, akan ada pembahasan tentang penurunan konsumsi,” jelas Wamentan.
 
Saat ini, Kementan telah menetapkan target produksi gabah 2012 sebanyak 72,02 juta ton GKG. Target tersebut meningkat dibandingkan dengan realisasi produksi pada tahun sebelumnya yaitu sekitar 65 juta ton GKG.
 
Sumber: Biro Umum dan Humas

No comments:

Post a Comment