Saturday 10 March 2012

Mentan Ajak Pondok Pesantren Ikut Program Pemberdayaan Petani

Jombang – Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. Ir. Suswono, MMA mengajak pondok pesantren untuk ikut serta dalam menyukseskan upaya peningkatan kesejahteraan petani melalui berbagai program Pemberdayaan Petani. Hal ini dikatakan Mentan saat menghadiri silaturahmi Ikatan Toriqoh Qodiriyah Wan Naqsyabandiyah (ITQON) di Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Peterongan, Jombang, Jawa Timur (Sabtu, 3/3/2012).

“Program-program di Kementerian Pertanian banyak yang bisa diakses, banyak yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah Program Lembaga Mandiri yang Mengakar di Masyarakat (LM3). Bagi pesantren yang belum ada program peternakan atau pertaniannya, silahkan nanti kita bisa kerjasama,  membangun, memberdayakan masyarakat, dengan demikian kita bisa meningkatkan taraf kehidupan mereka,” kata Mentan.
Menurut Mentan, berdasarkan pengalaman selama ini, apabila diberi kesempatan ternyata pondok pesantren mampu mengembangkan dirinya menjadi pusat pengembangan agribisnis perdesaan. 

Pada kesempatan tersebut, Mentan juga mengajak seluruh jamaah untuk memperkuat program ketahanan pangan dengan menanami pekarangan sekitar rumah dengan aneka tanaman pangan seperti singkong dan jagung. Menurut Mentan, program tersebut merupakan tindak lanjut dari gerakan perempuan optimalisasi pekarangan yang dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu yang lalu. “Saya pikir ini sangat efektif jika dilakukan oleh Jamaah Toriqoh Qodiriyah Wan Naqsyabandiyah yang jumlah anggotanya mencapai puluhan ribu,” jelas Mentan. 

Sumber: Biro Umum dan Humas

No comments:

Post a Comment