Saturday 17 March 2012

Sidang ke-2 ASEAN-India Working Group on Agriculture and Forestry Cooperation, Palembang, 6-7 Maret 2012


Jakarta, Senin, 12 Maret 2012. Pertemuan ASEAN-India Working Group on Agriculture and Forestry Cooperation telah berlangsung pada tanggal 6-8 Maret 2012 di Hotel Aryaduta, Palembang dengan dihadiri oleh 70 peserta dari negara-negara anggota ASEAN, India dan ASEAN Secretariat. Sidang menghasilkan sekitar 14 proposal kerjasama di bidang pangan, pertanian dan kehutanan dalam area ketahanan pangan dan peningkatan akses pasar, yang disepakati untuk dikerjasamakan setelah mendapatkan persetujuan pada pertemuan tingkat Menteri akhir tahun ini.
Dari hasil pertemuan sebelumnya telah disetujui 3 program pelatihan alsintan, pengolahan produk kedelai dan serealia, serta peningkatan nilai tambah produk pertanian, yang akan dilaksanakan di India tahun ini. Disamping itu juga akan diluncurkan ASEAN-India Newsletter dalam bentuk cetak maupun elektronik sebagai sarana publikasi dan informasi secara reguler setahun 2 kali.
Rencana kerja dalam kerangka ASEAN-India WGAFC ini akan fokus pada 4 bidang kerjasama sebagai berikut:
  • Bidang pangan, pertanian dan kehutanan dalam area Food Security dan peningkatan akses pasar
  • Bidang  Networking antar lembaga pemerintah, peneliti, akademisi di kedua kawasan
  • Bidang peningkatan kapasitas, transfer teknologi dan Litbang untuk meningkatkan kompetensi pertanian secara global
  • Bidang peningkatan kapasitas petani dalam usaha dan manajemen pertanian yang efisien
Diharapkan forum ini mampu meningkatkan kapasitas pertanian diantara negara anggota ASEAN dan India di masa sekarang dan masa mendatang

No comments:

Post a Comment