Thursday 13 October 2011

Mama , Tomat itu Buah apa Sayuran ???

Sebuah pertanyaan sederhana namun dapat menjadi ulasan menarik bagi Mang Usil. Apakah tomat itu buah?klo terong dan timun apa bukan termasuk buah juga ?
Sebuah pertanyaan sederhana namun dapat menjadi ulasan menarik bagi Mang Usil. Apakah tomat itu buah?klo terong dan timun apa bukan termasuk buah juga ?

Memang maksud iklan tersebut baik, yaitu menunjukkan kemampuan daya nalar dan sikap kritis sejak usia dini. Yang kurang tepat adalah apabila jawabannya ditelan mentah-mentah sehingga menimbulkan kebingungan. Jangankan di kalangan anak-anak, bagi orang dewasa tidak semua paham makna jawaban tomat termasuk buah.

Sebelum "terperosok" lebih jauh mengenai definisi buah dan sayuran, sebaiknya kita kembali ke khitah alias ilmu pertanian.

Sebenarnya merupakan hal yang tidak tepat membedakan antara buah dan sayuran. Seperti membedakan jeep dengan mobil. Lebih tepat kalo membedakan jeep dengan sedan karena keduanya termasuk mobil.

Memang betul tomat termasuk buah karena berdasarkan definisinya buah terbentuk akibat pertemuan benang sari dan kepala putik. Selain tomat, terong, timun, pisang, bahkan kacang tanah termasuk buah. Namun ketika kita melihat melalui pendekatan secara teknik budidaya maupun pemanfaatannya, barulah ada perbedaan.

Tomat lazim digunakan sebagai salad maupun sayur. Begitu juga tomat dan terong. Dengan demikian buah-buahan ini termasuk kategori sayuran (vegetables). Berbeda dengan alpukat, pisang, durian yang lazim dimakan sebagai buah segar sehingga dikategorikan sebagai buah-buahan (fruits). Dalam ilmu pertanian, hal ini dipelajari lebih mendalam dalam sub studi Hortikultura yang mencakup tanaman hias, buah-buahan dan sayuran.

So, setelah baca tulisan Mang Usil udah tau khan jawabannya : Tomat buah ataukah sayur?". :)

No comments:

Post a Comment